Thursday 31 December 2015

Menentukan Membuat Website atau Mobile Apps



Ketika harus menentukan apakah membangun sebuah website atau mobile app, pilihan terbaik adalah menyesuaikan dengan tujuan dari bisnis yang ingin dikembangkan, siapa yang menggunakan, dan bagaimana Anda mengharapkan mereka menggunakannya.

 

WEBSITE

Jika model bisnis yang dikembangkan adalah menyajikan informasi dan konten yang kaya kepada pengguna yang besar (online media), maka pilihan yang tepat adalah dengan membangun sebuah website. Anda juga dapat memanfaatkan fitur SEO (Search Engine Optimization) pada website untuk mengingkatkan traffic kunjungan ke website Anda. Dengan angka kunjungan yang besar, maka website Anda akan muncul pertama kali pada hasil pencarian search engine dimana pengguna sering menggunakannya untuk mendapatkan informasi.

 

MOBILE APPS

Jika Anda menghendaki sebuah model bisnis yang lebih interaktif dan personal terhadap pengguna, maka mobile apps menjadi pilihan utama. Setiap pengguna umumnya harus memiliki akses (login) account untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut. Mobile apps dapat menggunakan fungsionalitas & resources smartphone secara lebih optimal (camera, GPS, contact, push notification, dll). Beberapa jenis kateogri mobile apps diantaranya social media, chatting, games, dll.


Sebagai informasi tambahan akan kebutuhan website dan mobile apps, gambar di bawah ini menampilkan statistik data aktivitas pengguna internet di Indonesia. Dari data tersebut dapat dilihat keseimbangan antara penggunaan website untuk membaca berita & informasi dengan penggunaa mobile apps untuk mengkases hal yang bersifat personal (email, social media, chatting, games).

No comments:

Post a Comment